Tips Penting Memilih Sepeda

  • 15/07/2020
Tips Penting Memilih Sepeda

Hari ini memang kegiatan bersepeda menjadi trending dimana-mana. Bersepeda menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Bahkan mereka yang saat ini belum memiliki sepeda pun berlomba-lomba membeli yang baru. Kegiatan bersepeda kini banyak dilakukan di mana-mana. Entah itu di desa maupun di perkotaan. Jalan-jalan dipenuhi dengan orang yang naik sepeda. Khususnya pada waktu pagi hari dan sorenya. Dari anak-anak sampai orang yang sudah tua tidak ketinggalan untuk melakukan kegiatan bersepeda ini. Tidak sedikit yang mengambil jarak tempuh sampai puluhan kilometer dalam bersepeda.

Kegiatan bersepeda menjadi bagian dari cara untuk melakukan olah raga. Kita semua tahu bahwa banyak sekali jenis olah raga itu. Bersepeda menjadi satu bentuk olah raga yang disukai oleh banyak orang. Di samping olah raga ini menyehatkan tubuh, ada nuansa rasa berekreasi ketika melakukannya. Bisa dibilang ini rekreasi yang gratisan tidak banyak biaya. Tertarik anda untuk mencobanya? Silakan saja segera mencoba bersepeda. Namun, sebelum kita bersepeda tentu mesti punya dulu namanya sepeda ini. Kalau belum memiliki maka pastinya harus membeli dulu. Nah, di saat anda hendak membeli sepeda maka perlu untuk memperhatikan tipsnya berikut ini.

  1. Beli sepeda yang terjangkau harganya untuk kita
    Kita membeli sebuah sepeda pastinya dengan sejumlah uang. Bila kita tak memiliki uang maka tak bisa membelinya. Langkah pertama yang perlu kita pertimbangkan saat hendak membeli sebuah sepeda yakni masalah harga. Perlu kita tanyakan dulu berapa harga sepeda tersebut. Bila terjangkau dengan uang di kantong kita maka sangat layak untuk kita membelinya. Namun jika harganya tidak terjangkau oleh kita maka rasanya tak perlu untuk memilih sepeda tersebut.
  2. Mempertimbangkan kondisi jalan yang akan dilalui sepeda kita
    Umumnya ini mengenai medan yang akan kita gunakan untuk bersepeda. Biasanya juga ini tergantung dari kondisi lingkungan tempat tinggal kita. Apakah rumah kita ada di daratan yang rata, pegunungan, dan perkotaan besar? Ada jenis sepeda yang khusus dipakai untuk jalan yang amat terjal. Sepeda ini sering digunakan untuk down hill dan hill climb. Untuk menyusuri pegunungan dan berbukit-bukit maka sepeda seperti ini amat cocok dipilih. Ada juga sepeda yang cocok digunakan di daerah yang jalannya masih belum rata. Entah itu di dataran rendah atau dataran tinggi biasanya masih ada juga jalan yang belum rata. Umumnya karena jalan tersebut belum dibangun atau pun jalan tersebut sedang mengalami kerusakan. Berbeda kalau kita hidupnya di perkotaan atau pun pedesaan yang jalannya sudah halus dan rata. Kita perlu memilih sepeda yang cocok untuk daerah seperti itu.
  3. Melihat sedelnya
    Orang yang bersepeda maka ia pasti dalam kondisi duduk. Tempat duduknya inilah yang dinamakan sedel. Pastikan kita memilih sedel yang enak dan nyaman diduduki.
  4. Mengecek rangkanya
    Kita perlu memasikan kondisi rangka sepeda yang hendak kita beli benar-benar berkualitas. Kuat rangkanya sehingga tidak mudah patah.
  5. Memeriksa sistem pengereman
    Hari ini sudah banyak kita jumpai sepeda yang menggunakan cakram untuk sistem pengereman. Masalah pengereman sangatlah penting karena ini berkaitan dengan kenyamanan dan juga yang tidak boleh disepelekan adalah keselematan orang yang bersepeda.
  6. Mengecek fitur tambahannya
    Ada sepeda yang ada keranjang untuk tempat belanja. Ada sepeda yang bagian belakangnya ada sedel tambahan untuk bisa diboncengi orang lain. Begitu pula tempat untuk menaruh botol minuman termasuk fitur penting.

Setelah kita memiliki ilmu untuk memilih sepeda maka tinggal kita praktekkan. Saat membeli sepeda perlu untuk tidak tergesa-gesa. Pastikan sepeda yang kita beli benar-benar sesuai pilihan.

admin

E-mail : admin@indinow.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*