Doa Ketika Bersin Dan Mendengar Orang Bersin

Doa Ketika Bersin Dan Mendengar Orang Bersin

Sudah sangat sering kita bersin. Bahkan pada satu hari ini pun mungkin kita mengalami bersin tidak hanya sekali saja. Bahkan mungkin berkali-kali bersinnya. Begitu seringnya kita bersin menjadikan alasan penting untuk kami membahas mengenai doa ketika bersin. Masalah doa memang termasuk hal yang penting. Doa itu bagian dari ibadah. Bahkan shalat wajib lima waktu yang dikerjakan oleh tiap muslim setiap hari pun isinya mengenai aneka dzikir dan doa.

Orang yang sedang bersin mengeluarkan udara sejumlah tertentu dari dalam mulut dan hidung secara bersamaan. Ada kalanya bersin itu dilakukan tidak hanya sekali atau dua kali saja. Bisa berkali kali dalam waktu yang tidak lama. Jika dalam sehari maka bisa banyak kali bersinnya. Hingga kebanyakan orang tidak sempat lagi untuk menghitung berapa kali ia bersin.

Seseorang bisa bersin itu sebetulnya nikmat dari Allah subhanahu wa ta’ala. Iya, memang bersin itu nikmat. Orang yang setelah bersin akan merasa lebih lega. Kondisinya pun akan lebih enak bila sudah bersin dibanding akan bersin. Di saat hendak bersin tapi tidak jadi atau pun tidak bisa. Maka akan begitu gak enak rasanya. Teman-teman pun saya yakin pernah merasakan hal seperti ini. Walaupun mungkin tidak berkali-kali.

Nikmat bersin merupakan nikmat kesehatan. Dari seorang bisa bersin ini maka akan keluar berbagai bibit penyakit yang akan merugikan manusia. Beberapa penyebab bersin diantaranya karena alergi atau sedang sakit flu (pilek). Jadi, bisa bersin ini akan sangat bermanfaat sekali bagi kesehatan manusia. Meski pun tidak sedikit orang yang kurang menyadari akan hal ini. Bisa jadi mereka itu kurang ilmu mengenai hal tersebut. Tetapi setelah membaca artikel di blog kajianmuslim.my.id ini akhirnya teman-teman sudah paham bahwa bersin itu bagian dari nikmat kesehatan yang begitu penting.

Kemudian, saat atau ketika bersin maka setelahnya kita perlu membaca doa. Inilah yang disebut doa saat bersin. Untuk lafadz doanya yakni:

doa bersin

Alhamdulillaah
artinya:
Segala puji bagi Allah.

Cukup pendek lafadznya sehingga kita tidak akan merasa kesulitan dalam menghafalnya. Ditambah lagi lafadz doa ketika bersin ini sebetulnya termasuk bacaan tahmid. Mengenai bacaan tahmi sudah amat dikenal oleh seluruh kalangan muslimin.

Selanjutnya, kita juga perlu tahu bagaimana cara menjawab ketika ada orang bersin yang membaca doa tersebut. Saat ada orang di sekitar kita. Mungkin itu teman atau keluarga kita atau pun siapa saja yang membaca doa di saat bersin maka kita dianjurkan untuk membaca:

doa mendengar orang bersin

Yarhamukallaah
Artinya:
Semoga Allah merahmati kamu.

Singkat juga lafadz doa ini. Sehingga tidaklah sulit untuk dihafal. Selanjutnya kalau sudah bisa dihafal maka tinggal mengamalkannya atau mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Termasuk juga hal yang perlu diketahui yakni orang yang mendengar bacaan Yarhamukallaah ini dianjurkan juga membaca sebuah lafadz yakni:

doa menjawab orang bersin

Yahdiikumullaah Wa Yushlih Baalakum.
yang artinya:
Semoga Allah memberi petunjuk dan memperbaiki keadaan kalian.

Menjadi paham sekarang. Kita sudah paham dan mengetahui bacaan doa ketika bersin dan cara menjawabnya. Tidak hanya mengetahui lafadznya saja akan tetapi mengetahui juga tentang artinya. Sungguh amat bermanfaat pengetahuan seperti ini. Berkah kita mau menuntut ilmu yang ditandai dengan suka membaca blog yang berisi artikel bermanfaat. Mengenai adab ketika seseorang bersin pun juga perlu kita perhatikan. Adab orang yang bersin diantaranya:

  1. Berusaha semampunya untuk mengurangi volume suara yang diakibatkan oleh bersin itu.
  2. Mengalihkan pandangan atau muka kita untuk tidak menghadap orang lain yang ada di dekat kita.
  3. Berusaha menutup dengan kedua telapak tangan kita.
  4. Yang terakhir, jangan lupa membaca doa seperti yang telah kita bahas ini.

Itulah uraian mengenai doa bersin dan mendengar bersin. Bacaan doa yang singkat namun sangat kaya akan manfaatnya. Demikian semoga bermanfaat bagi teman-teman pembaca. Sampai ketemu lagi dengan artikel-artikel menarik lainnya.

Comments are closed.