Cara Mengetahui Kualitas Keramik Yang Bagus

Cara Mengetahui Kualitas Keramik Yang Bagus

Cara Mengetahui Kualitas Keramik

Keramik merupakan material bahan bangunan yang amat penting. Kini setiap rumah sudah memakai keramik. Memang bahan keramik ini biasa dipasang di lantai rumah. Walaupun, pada umumnya di banyak bangunan selain rumah pun keramik juga dipakai. Pada sebuah rumah, keramik biasanya dipasang selain di lantai yakni di dinding juga. Tatkala sebuah rumah dipasangi keramik maka akan menjadi lebih nyaman dan indah. Tentu saja setiap orang menginginkan memiliki rumah yang enak didiami.

Ketika seseorang akan membangun rumah maka keramik menjadi bahan yang tidak akan ditinggalkan begitu saja. Mereka akan mencari keramik yang cocok. Dalam hal ini bahan maupun model dari keramik memang ada banyak sekali macamnya. Di toko bangunan kita bisa menemukan berbagai jenis keramik. Harga dari tiap keramik pun juga berbeda-beda. Ada yang murah dan tidak sedikit pula yang cukup mahal. Seseorang yang akan membeli keramik bisa memilih mana yang disukainya.

Satu hal yang tidak boleh dilupakan dalam membeli keramik ialah mengenai kualitasnya. Kita perlu pastikan keramik yang kita beli itu benar-benar berkualitas. Untuk mengetahui kualitas dari keramik kita perlu tahu sedikit caranya. Sebab kalau tidak ada pengetahuan berkaitan dengan kualitas keramik ini kita bisa salah dalam memilihnya nanti. Oleh karena itu, kita perlu menyimak beberapa caranya berikut ini.

  1. Mengecek anti gores pada keramik
    Keramik akan berkualitas bila tidak tergores. Akan berkualitas keramik tersebut bila memiliki keunggulan berupa adanya antri gores. Dengan begitu, keramik tersebut tidak akan mudah tergores. Bayangkan bila lantai rumah kita dipasangi keramik yang banyak goresannya. Tentu saja keindahan dari lantai menjadi amat kurang. Bahkan bisa dikatakan hilang nilai seninya.
  2. Mengecek kualitasnya dengan mengusap keramik
    Ini juga hal yang tidak kalah penting. Kita perlu mengecek kualitas keramik dengan mengusapnya. Maksudnya mengusap pada permukaannya. Bila setelah kita mengusap permukaan keramik tersebut lalu ada atau meninggalkan jejak jari kita maka kualitas keramik tersebut bisa dikatakan kurang berkualitas. Untuk keramik yang bagus dan berkualitas maka bila diusap tidak akan meninggalkan jejak.
  3. Memperhatikan berat dari keramik
    Kita bisa lakukan dengan yang sederhana yakni mengangkat keramik tersebut. Bila keramik lantai yang kita angkat mempunyai berat yang cukup ringan, maka bisa jadi kualitas keramik tersebut tergolong kurang baik karena dapat kemungkinan mempunyai serat yang keropos. Yang berakibat akan lebih mudah pecah. Sebaliknya, apabila cukup berat maka dapat dipastikan memiliki kualitas yang lebih bagus karena memiliki kepadatan dan kekuatan kerami tersebut lebih baik.
  4. Membeli keramik dari tempat yang terpercaya
    Akan lebih baik kita beli keramik dari toko bangunan yang terpercaya. Toko tersebut sudah biasa menjual keramik yang berkualitas. Kalau pun ada keramik yang dijualnya itu kurang kualitasnya maka akan disampaikan apa adanya kepada pembeli. Sehingga para pembeli tidak akan merasa tertipu.
  5. Memilih merk keramik yang sudah familier
    Ada banyak merek keramik di pasaran. Kita perlu memilih dan membeli merk-merk keramik yang sudah terbilang bagus kualitasnya. Kalau pun ada merk-merk yang baru maka perlu dicek terlebih dahulu.

Inilah sedikit cara sederhana mengetahui kualitas keramik yang bagus kualitasnya. Dengan tepat dalam memilih keramik maka kita akan puas dalam membeli. Ketika dipakai pun akan benar-benar bagus hasilnya. Dalam arti keramik tersebut membuat rumah nyaman dan awet pula.

Leave a Reply