Cara Mengatasi Tembok Rumah Retak Sendiri Tanpa Tukang

Cara Mengatasi Tembok Rumah Retak Sendiri Tanpa Tukang

Mengatasi Tembok Rumah Retak Sendiri

Bangunan setiap rumah kini biasa dindingnya terbuat dari tembok permanen. Dahulu mungkin orang menggunakan bambu atau kayu untuk dinding rumah. Sekarang sudah banyak dan boleh dibilang mayoritas menggunakan tembok permanen. Banyak hal yang kita perlukan dalam perawatan sebuah rumah, termasuk dalam hal ini adalah dindingnya. Sering kita temukan hal-hal yang kurang bagus pada dinding seperti terjadinya dinding kusam, dinding berjamur, dinding retak, dan masih banyak lagi.

Satu hal yang amat kurang bagus dilihat ialah retak pada dinding atau pun tembok. Melihat seperti itu tentu kita akan berkeinginan untuk segera mengatasinya. Ingin memperbaiki secepatnya agar dinding yang retak itu bisa kembali normal. Mengingat bila terdapat dinding yang retak itu akan bisa berakibat lebih buruk lagi jika tak segera diatasi. Pada dinding yang retak biasanya akan merambat dan membuat celah di dinding, dan bisa menjadi sumber air hujan merembes. Akan semakin parah kerusakan yang terjadi.

Ada banyak hal yang mengakibatkan tembok atau dinding rumah menjadi retak. Tidak hanya satu penyebab saja. Beberapa penyebab tembok retak antara lain:
a. Adanya pergerakan struktur karena penyelesaian pondasi, defleksi balok, atau gerakan gempa.
b. Adanya celah pemasangan pipa listrik atau pipa air yang tidak dipotong sampai bata.
c. Terdapat plesteran yang menutupi sambungan dinding yang berbeda misalnya pasangan bata dengan permuakaan beton atau kayu.
d. Adanya penggunaan acian terlalu dini pada plester yang belum berhenti menyusut.
e. Adanya plesteran yang menutupi sambungan dinding yang berbeda misalnya pasangan bata dengan permuakaan beton atau kayu.
f. Adanya aplikasi acian terlalu dini pada plester yang belum berhenti menyusut karena plester terlalu tebal dalam satu kali aplikasi dan kadar lumpur yang tinggi pada pasir dalam plester 5%.

Kita telah membahas beberapa penyebab tembok rumah yang retak. Selanjutnya, kita perlu mengatasi permasalahan tersebut. Bagaimana cara mengatasi tembok retak. Bahkan akan lebih baik bila hal itu dilakukan sendiri saja tanpa perlu mengundang tukang bangunan. Setidaknya hal itu bisa mengurangi biaya pengeluaran rumah tangga serta kita bisa gunakan untuk mengisi waktu liburan di rumah.

Kita perlu untuk mengetahui cara mengatasi tembok retak di rumah sendiri. Beberapa hal yang bisa kita lakukan yakni;

  1. Kita bersihkan terlebih dahulu permukaan dinding yang dicat itu.
    Permukaan tembok atau dinding mesti kita bersihkan. Untuk melakukan hal ini cukup kita sediakan lap kain yang basah. Lebih baik pilih kain katun atau yang menyerap air. Lalu usaplah permukaan temboknya. Bersihkan hingga jamur atau kotoran lainnya hilang.
  2. Poleslah dinding dengan amplas
    Siapkan amplas. Bila permukaan dinding sudah dibersihkan dengan baik maka kita siapkan amplas. Amplas yang dipakai ialah yang jenis amplas kasar. Lalu amplaslah permukaan tembok tersebut. Pastikan hingga acian tembok terlihat. Setelah acian termbok terlihat maka bersihkan kembali dengan lap basah supaya debunya menjadi terangkat.
  3. Pakailah wall filler di tembok yang retak
    Sekarang gunakan semen khusus bernama wall filler dan oleskan di atas tembok retak, dan tunggu sampai material wall filler ini mengering. Hal ini kita lakukan sebelum melakukan langkah setelahnya.
  4. Kini oleskan cat plamir
    Untuk cat plamir ini fungsinya bukan untuk mewarnai dinding, tapi untuk meratakan dinding dan menjadi dasar tembok. Sebelum mewarnai lagi dengan cat maka langkah ini dilakukan.
  5. Langkah yang terakhir amplaslah
    Langkah yang paling terakhir untuk mengatasi tembok retak adalah mengamplas dinding agar permukaannya menjadi lebih halus. Selanjutnya jangan lupa untuk lapisi lagi dengan cat agar dinding kembali terlihat mulus dan sempurna.

Demikian beberapa cara mengatasi tembok rumah yang retak. Caranya tidaklah sulit. Dengan cara seperti itu kita bisa melakukannya dengan sendirian. Tanpa perlu memanggil tukang.

Leave a Reply