Cara Memilih Semangka Yang Manis

Cara Memilih Semangka Yang Manis

Memilih Semangka Yang Manis

Buah semangka banyak yang suka. Kalau kita bicara mengenai buah maka tidak akan lupa dengan semangka ini. Buahnya besar seperti melon. Rasanya manis dan segar. Jadikan kita kangen lagi untuk menikmatinya setelah sekian lama tidak membelinya. Maklum, tidak punya lahan yang cukup luas untuk menanam buah semangka sehingga mesti mengeluarkan sejumlah uang untuk membelinya. Tetapi itu tidaklah masalah sebab buah semangka ini murah harganya. Hampir semua orang bisa beli.

Kalau kita ingin menanam semangka juga bisa sebetulnya. Potensi keuntungan dari menanam buah semangka juga besar bila kita ingin bertani semangka. Tetapi memang mesti meluangkan waktu khusus dalam merawat dan lain sebagainya. Kalau saat ini masih sibuk dengan pekerjaan dan juga aktivitas lainnya maka disarankan beli aja. Cukup mudah pula mencari buah semangka ini. Hampir di semua toko buah menjualnya.

Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara kita memilih buah semangka. Kita perlu tahu mengenai hal ini. Kita perlu memastikan buah semangka yang dibeli manis rasanya. Kalau rasanya manis tentu akan menjadi mantap gitu. Nah, disini ada beberapa tips bagaimana cara memilih buah semangka yang manis rasanya. Silakan disimak.

  1. Mengetuk permukaan buahnya
    Cara yang mudah untuk dilakukan. Cobalah kita ketuk-ketuk buah semangka itu dikala hendak membelinya. Jadi, saat hendak membeli semangka kita tidak boleh tergesa-gesa. Pastikan buah semangka kita ketuk-ketuk dulu. Pada umumnya, untuk buah semangka yang sudah matang akan mengeluarkan suara yang cenderung berat dan penuh. Sebaliknya, semangka dengan bunyi yang nyaring. Itu memberi tanda bahwa buah semangka tersebut sudah berongga atau kurang padat. Rasanya pun juga belum benar-benar matang.
  2. Melihat jaring di kulit buah semangka
    Kita akan menemukan semacam tekstur berbentuk jaring dengan warna kecokelatan di kulit buah semangka. Pada umumnya, hal tersebut malah menandakan bahwa semangka sudah manis. Semakin banyak tekstur jaring, semakin manis semangka tersebut.
  3. Mengecek warna kulitnya
    Sebaiknya kita memperhatikan warna kulit semangka. Kondisi seperti ini bisa menjadi indikator kematangan dari buah tersebut. Sebaiknya memilih semangka yang memiliki warna kulit cenderung tua dan kusam. Periksa juga permukaan kulit semangka. Jangan memilih semangka yang terdapat goresan atau bekas sayatan karena akan menurunkan cita rasa buah. Pastikan cara ini kita lakukan untuk berusaha mendapatkan buah semangka yang benar-benar manis.
  4. Sedikit menekan kulit semangka
    Ini juga menjadi sesuatu yang penting untuk dilakukan. Memang pada dasarnya kulit semangka itu cenderung keras. Tetapi, dari sini kita bisa mengetahui mana buah semangka yang manis dan kurang manis. Semangka yang matang bila kita tekan agak keras maka akan terasa lebih lembut dan bisa menjorok ke dalam. Sedangkan, untuk buah semangka yang belum matang cenderung sulit ditekan ke dalam.
  5. Mengecek kondisi tangkai buah semangka
    Untuk mendapatkan buah semangka yang manis maka kita perlu memilihnya. Salah satu hal yang perlu dilakukan dalam memilih buah semangka yakni melihat atau mengecek kondisi tangkainya. Jika kondisi tangkainya kering, tandanya semangka tersebut matang dan manis. Apabila tangkainya tidak kering dan masih terlihat hijau segar maka kemungkinan besar semangka tersebut dipanen dini.

Inilah beberapa cara memilih buah semangka yang manis. Semoga sedikit ulasan ini bermanfaat untuk teman-teman pembaca indinow.com. Khususnya bagi mereka yang akan membeli buah semangka. Salam sukses untuk semuanya.

Leave a Reply