Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Cara Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Tips Membersihkan Keramik Kamar Mandi

Kamar mandi pada umumnya menggunakan keramik. Ruangan kamar mandi dimiliki oleh tiap rumah. Ruangan tersebut amat penting sebab siapa pun pasti butuh mandi setiap hari. Membersihkan tubuh dengan cara mandi sudah menjadi kebiasan rutin harian. Tubuh akan menjadi segar ketika sesudah mandi. Maka mandi setiap hari adalah hal yang mesti dilakukan secara terus menerus. Entah itu bagi anak-anak, remaja maupun orang yang sudah tua. Semuanya perlu mandi tiap hari.

Lantai pada kamar mandi kebanyakan memakai keramik. Bahkan pada dindingnya pun tidak sedikit yang memakai keramik. Dikarenakan kamar mandi digunakan tiap hari maka lantainya akan sering sekali terkena air. Maka akhirnya pada keramik di kamar mandi akan muncul kerak. Pada keramik yang ada keraknya ini diakibatkan adanya sisa sabun, kotoran, lumut, serta jamur yang begitu lama mengendap pada keramik.

Melihat kondisi yang seperti itu tentu kita sebagai pemilik rumah akan segera mencari cara untuk membersihkannya. Kita tidak ingin keramik kamar mandi dalam kondisi yang kotor seperti itu. Agar kita bisa menggunakannya dengan nyaman dalam kehidupan sehari-hari. Pemandangan ketika kita masuk kamar mandi menjadi kurang bagus dikarenakan ada kotorannya. Ditambah lagi, bila keramik kamar mandi itu ada keraknya maka dikhawatirkan mengakibatkan resiko perkembangbiakan kuman atau bakteri. Hal yang tidak kita inginkan juga tentunya.

Untuk itulah perlu ada agenda untuk membersihkan keramik kamar mandi. Memang banyak orang yang berpendapat bahwa membersihkan kamar mandi itu pekerjaan berat. Boleh-boleh saja memang menyatakan pendapat seperti itu. Akan tetapi, amat penting untuk kita membersihkannya. Walau mungkin dipandang berat tetap saja perlu untuk dilakukan. Nah, berikut ini cara membersihkan keramik kamar mandi dengan baik.

  1. Membersihkan keramik kamar mandi memakai kaporit
    Kaporit bisa digunakan sebagai bahan untuk membersihkan keramik di kamar mandi. Meskipun memang kaporit ini lebih dikenal sebagai disinfektan air. Untuk teknisnya yakni: Siram lantai dan dinding keramik kamar mandi dengan air panas. Kemudian taburkan bubuk kaporit di atas keramik berkerak dan diamkan selama 1/2 jam. Terus kita gosok keramik kamar mandi dengan sikat. Terakhir, bilas keramik kamar mandi dengan air yang bersih. Selesai sudah kita membersihkannya.
  2. Membersihkan keramik kamar mandi memakai baking soda
    Untuk teknis penggunaan baking soda dalam membersihkan keramik kamar mandi yaitu siapkanlah baking soda dan air yang panas. Lalu bubuhkan dinding dan lantai kamar mandi dengan baking soda. Percikan air panas lalu diamkan kurang lebih satu jam. Kemudian sikat keramik kamar mandi menggunakan sikat atau kawat kasar. Terakhir bilas hingga bersih.
  3. Membersihkan keramik kamar mandi memakai produk pembersih lantai
    Untuk cara seperti ini amat mudah. Kita bisa praktekkan caranya yakni Pertama tuangkan cairan pembersih pada wadah yang cukup lebar. Kemudian celupkan sikat pada cairan pembersih lalu gosokan pada keramik yang berkerak. Lantas diamkan selama 10 – 15 menit. Terakhir, sikat keramik lagi lalu bilas dengan air hingga bersih.
  4. Membersihkan keramik kamar mandi memakai garam non iodium
    Garam non iodium ternyata juga bisa dipakai untuk membersihkan keramik kamar mandi. Tidaklah sulit untuk melakukannya. Cara membersihkannya yakni pertama kita siapkan 2 kg garam non Iodium dan cuka putih secukupnya. Siram atau semprotkan cuka putih di keramik kamar mandi. Lantas taburkan garam non Iodium dan gosok menggunakan kawat aluminium
    Setelah tersikat bersih, bilas seluruh area dengan air hangat. Selesai sudah kita membersihkannya.

Itulah beberapa cara mudah dalam membersihkan keramik kamar mandi. Kiranya cara tersebut memberikan banyak manfaat bagi teman-teman pembaca semuanya.

Leave a Reply