Aneka Tradisi Lebaran Di Nusantara

Aneka Tradisi Lebaran Di Nusantara

Tradisi Lebaran Di Nusantara
  1. Membuat ketupat Bicara ketupat memang tidak bisa dipisahkan dengan hari lebaran. Bahkan ketika ada gambar ketupat yang terpasang maka langsung pikiran kita tertuju atau teringat akan hari raya idul fitri tahun lalu dan tahun yang akan datang. Memang pada hari raya lebaran masyarakat pada umumnya membuat ketupat. Ketupat merupakan anyaman dari daun kelapa yang masih muda. Di dalamnya diisi beras kemudian dimasak sampai matang. Setelah matang maka ketupat bisa langsung dinikmati. Biasanya ketupat dimakan bersama opor ayam. Bisa juga dengan lauk daging rendang atau yang lainnya.
  2. Membuat kue lebaran Ini pun tidak kalah penting dibanding ketupat. Setiap rumah hampir selalu menyajikan kue lebaran. Umumnya kue lebaran ini adalah kue kering. Jenisnya bisa bermacam-macam. Meski tidak sedikit yang membeli kue sebagai persiapan lebaran, tetapi ada juga yang memilih untuk membuatnya sendiri. Bagi kamu yang hobi membuat kue kering, tentu ini bisa menjadi ajang menunjukkan kebolehan kamu kepada para tetangga dan saudara yang datang ke rumah nanti. Beberapa jenis kue lebaran yang dibuat antara lain: kue putri salju, nastar, kastengels, dan lainnya.
  3. Membeli baju Baru Baju baru Alhamdulillah. Ini satu hal yang sering kita dengar dalam sebuah lagu. Membeli baju baru banyak dilakukan oleh kaum muslimin di nusantara pada hari lebaran. Bahkan, ada satu hal lagi yang paling ditunggu-tunggu saat hari raya Lebaran adalah berbelanja baju baru. Di berbagai toko memasuki bulan Ramadhan sudah banyak promo-promo lebaran dimana-mana bagi para pemburu baju baru untuk Lebaran.
  4. Mengirim parcel lebaran Di hari raya lebaran ada tradisi yang cukup menarik. Saling mengirim parcel lebaran banyak dilakukan. Bingkisan parcel lebaran dikirim ke berbagai pihak seperti karib kerabat dan juga sahabat. Maka tak heran pada hari itu peluang usaha jual parcel lebaran sangatlah untung. Sebab banyak sekali order.
  5. Halal bi halal Kegiatan halal bi halal sudah sangat familier untuk masyarakat Indonesia. Pada hari raya lebaran banyak orang yang mengadakan acara halal bi halal. Pada intinya, acara halal bi halal ini adalah saling memaafkan kesalahan antar orang yang mengikuti kegiatan tersebut. Selama menjalani kehidupan setahun silam tentu ada kesalahan diantara manusia. Acara halal bi halal menjadi momen penting untuk saling bermaafan.
Itulah aneka tradisi lebaran di nusantara. Barangkali mungkin masih ada bentuk tradisi yang lainnya. Kita bisa mengambil hikmah dari tradisi tersebut. Intinya kita berharap ada manfaat dalam berbagai tradisi lebaran yang dikerjakan.

Pages: 1 2

Leave a Reply