Aneka Jenis Nangka Yang Perlu Diketahui

Aneka Jenis Nangka Yang Perlu Diketahui

Nangka termasuk buah yang amat manis rasanya. Banyak orang yang menyukai buah ini. Aroma dari buah nangka kalau sudah matang begitu terasa. Harum dan begitu enak dirasakan. Manisnya buah nangka ini begitu khas. Seperti tidak ada duanya. Bisa langsung dimakan dan bisa juga dibuat berbagai produk makanan yang enak. Berbicara tentang buah nangka memang menjulang tinggi. Bisa puluhan meter tingginya. Kita bisa dengan mudah menemukan pohon nangka ini di berbagai wilayah nusantara.

Buah nangka memiliki ukuran yang lumayan besar. Warna dari buah nangka kuning keemasan. Teksturnya lunak sehingga bisa dinikmati oleh segala usia. Tidak hanya di Indonesia saja buah ini bisa ditemukan. Di beberapa negara asia tenggara dan asia selatan terdapat juga buah nangka. Mengenai kandungan gizi yang ada di dalamnya pun tidaklah sedikit. Di dalam buah nangka terkandung vitamin B12, vitamin A, kalsium, zat besi, seng, dan lain-lain. Buah ini pun mempunyai kandungan serat yang bagus. Tidak salah bila banyak orang suka makan buah nangka ini.

Buah nangka sendiri memilki banyak jenis. Kita bisa simak ulasan beberapa jenis nangka berikut ini.

  1. Nangka cempedak
    Untuk buah nangka cempedak bentuknya lonjong. Kemudian untuk ukurannya tidak besar juga tidak terlalu panjang. Tekstur nangka cempedak agak lembek. Kalau kita melihat tekstur buah durian mungkin bisa kita bandingkan kemiripannya. Umumnya nangka cempedak ini diolah menjadi aneka jenis makanan ringan.
  2. Nangka kunir
    Ada satu yang khas dari buah nangka jenis kunir ini. Ia bentuknya bulat dan tidak lonjong memanjang. Kalau pada umumnya buah nangka berbentuk agak lonjong namun berbeda pada buah nangka jenis kunir. Pada bagian kulit dari buah nangka kunir ini durinyanya cenderung jarang. Durinya pun tak terlalu tajam bila terkena kulit manusia. Buahnya sama dengan jenis nangka yang lain yakni kuning keemasan dan tidak terlau banyak kandungan air di dalamnya. Satu ciri khas lainnya untuk nangka kunir yakni bijinya atau betonnya berukuran relatif kecil.
  3. Nangka merah
    Sesuai dengan namanya maka buah nangka ini berwarna merah. Tetapi jangan salah ketika melihat kulit dari buah nangka ini. Ternyata kulit buah nangka merah tetap saja sama dengan jenis buah nangka yang lainnya. Hanya ketika kita membelahnya saja yang terlihat merahnya. Daging buah nangka berwarna merah. Teksturnya lembut dan memiliki aroma yang harum.
  4. Nangka celeng
    Pada jenis nangka yang satu ini tumbuh buahnya dari bagian bawah pohon yang menyentuh tanah. Tidak pada bagian atas pohon seperti halnya aneka jenis nangka pada umumnya. Pohon nangka celeng berbuah setiap kurang lebih sembilan bulan sekali. Untuk warna dagingnya kuning muda. Pada buah nangka celeng ini memiliki ketahanan untuk berada di ruang terbuka selama beberapa hari. Asal dari nangka celeng ini konon di daerah Tegal, Jawa Tengah.
  5. Nangka madu
    Nangka jenis madu memiliki rasa mirip dengan madu pada umumnya. Manis sekali. Untuk aroma dari buahnya pun sama dengan jenis nangka yang lainnya. Demikian pula tekstur dan juga warnanya. Hanya saja daging buahnya sedikit lebih tebal dibanding nangka pada umumnya. Beratnya dari satu buah nangka madu yang besar bisa mencapai dua puluh lima kilogram. Besar sekali memang.
  6. Nangka sri bajong
    Jenis nangka ini termasuk yang diunggulkan. Buahnya berukuran besar dan manis. Nangka ini hampir tidak berbiji karena ukuran bijinya kecil.

Demikian beberapa jenis nangka yang bisa menjadi referensi anda. Semua jenis buah nangka memiliki rasa yang khas dan enak dinikmati.

admin

E-mail : admin@indinow.com

Submit A Comment

Must be fill required * marked fields.

:*
:*