5 Unsur-Unsur Ceramah Yang Perlu Diketahui

5 Unsur-Unsur Ceramah Yang Perlu Diketahui

Unsur Ceramah Yang Perlu Diketahui
Dalam ceramah, setidaknya ada lima unsur yang mesti kita ketahui. Nah, berikut ini kita akan bahas unsur-unsur dari ceramah itu.
  1. Penceramah Dalam sebuah ceramah pasti ada yang namanya penceramah. Yang dimaksud dari penceramah ini adalah orang atau sosok yang menyampaikan isi dari ceramah. Materi ceramah bisa tersampaikan bila ada orang yang menyampaikannya. Orang ini yang menyampaikan disebut sebagai penceramah. Penceramah sangatlah penting dalam menentukan kualitas sebuah ceramah. Penceramah dapat mempengaruhi para pendengar. Seorang penceramah yang benar-benar menguasai materi ceramah maka akan sangat menentukan kemudahan pendengar menerima penjelasannya. Diakui memang, menjadi seorang penceramah bukanlah hal yang mudah atau gampang. Dibutuhkan sebuah kemampuan seperti public speaking dan penguasaan panggung. Juga penguasaan mengenai materi. Latihan dan jam terbang juga tak kalah penting. Kompetensi dari penceramah amat menentukan kesuksesannya dalam bertugas.
  2. Pendengar Banyak orang yang berperan sebagai pendengar. Orang yang menerima penjelasan materi, nasihat, dan juga informasi dari penceramah disebut pendengar. Mereka yang berperan menjadi pendengar akan menerima segala hal yang disampaikan oleh penceramah. Pendengar pun tidak jarang punya kesempatan untuk menyampaikan pertanyaan kepada penceramah. Misalnya pada saat sesi tanya jawab.
  3. Metode ceramah Metode ceramah ini merupakan cara yang dipakai oleh penceramah untuk menyampaikan materi ceramahnya kepada para pendengar. Metode ceramah juga berperan penting dalam meningkatkan kualitas dari sebuah ceramah. Terdapat empat metode ceramah yang sudah dikenal luas. Metode tersebut yakni menghafal, membaca naskah, impromptu, dan ekstemporan. Ada seseorang yang menghafal ceramahnya. Orang ini perlu menghafal dulu materi ceramahnya sebelum tampil. Ada yang menggunakan metode membaca naskah. Sebelum orang ini berceramah maka perlu persiapan naskah terlebih dulu. Kemudia metode ekstemporan adalah sebuah metode ceramah dengan cara menuliskan beberapa pokok bahasan sebagai catatan pengingat. Ini banyak kita ketahui. Sedangkan metode impromptu yakni metode menyampaikan ceramah secara langsung dan spontan tanpa persiapan terlebih dahulu. Orang ini tanpa persiapan bisa berceramah dengan baik di depan pendengar
  4. Materi ceramah Materi ceramah merupakan isi dari apa yang akan disampaikan oleh penceramah kepada para pendengar.
  5. Media ceramah Ini merupakan alat yang dipakai untuk menyampaikan materi ceramah kepada para pendengarnya. Di zaman modern sekarang ini, dimana teknologi informasi berkembang dengan pesat maka media ceramah pun ikut mengikutinya. Kita bisa menggunakan media sosial misalnya untuk berceramah.
Demikian beberapa unsur-unsur ceramah yang penting untuk kita pahami. Bagi teman-teman yang ingin sukses dalam berceramah maka unsur-unsur tersebut hendaknya dimiliki dengan baik.

Pages: 1 2

Comments are closed.